Friends, Welcome to Visit in My Blog.

Jumat, 13 Maret 2015

Makalah Penataan Desain Ruangan

MAKALAH
Tentang
PENATAAN DESAIN RUANG KEPALA SEKSI
DINAS KEPENDUDUKAN
Diajukan untuk memenuhi salah satu tugas akhir semester
Mata Pelajaran Seni Budaya



oleh :
Ø  Arni Rasida
Ø  Dea Yulianti
Ø  Fia Hanifa Nur Rahmah

Kelas : XII Akuntansi

PEMERINTAH KABUPATEN TASIKMALAYA
DINAS PENDIDIKAN
SMK PANCASILA MANONJAYA
Jl. PGA No.07 Tlp (0265) 381117 Manonjaya Tasikmalaya



KATA PENGANTAR
Dengan mengucapkan puji serta syukur kehadiran Allah SWT, atas berkat rahmat-Nya kami dapat menyelesaikan tugas makalah ini dengan judul “Penataan Desain Ruang Kepala Seksi Dinas Kependudukan”.Adapun tujuan dari pembuatan makalah ini adalah untuk memenuhi salah satu tugas akhir semester  Mata Pelajaran Seni Budaya. Keberhasilan kami menyelesaikan makalah ini adalah berkat bantuan dan dukungan dari berbagai pihak serta keteguhan hati kami sebagai penulis, meskipun banyak hambatan yang kami hadapi, namun semua menjadi pelajaran dan pengalaman yang berkesan.
Dalam kesempatan ini perkenankanlah kami menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya atas dorongan dan bantuan yang kami terima sampai dengan menyelesaikan makalah ini. Dan perkenankanlah kami mengucapakan terima kasih kepada:
1.    Bapak Iji Setiaji, S.Pd selaku Guru Mata Pelajaran Seni Budaya.
2.    Kedua orang tua yang memberikan dorongan, motivasi dan do’anya sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah ini.
3.    Teman-teman yang memberikan kritik dan saran kepada kami.
Akhir kata dengan segala kerendahan hati, kami memohon maaf atas segala kekurangan yang terdapat pada kata-kata yang salah dan tidak berkenan di hati pembaca.

Manonjaya, Desember 2014


Tim Penulis



BAB I
PENDAHULUAN
A.    LATAR BELAKANG
Suatu ruangan kerja akan terasa nyaman dan indah dipandang apabila penataan ruangannya baik sesuai dengan tata letak ruangan itu sendiri. Akan terjadi perbedaan antara ruangan kerja yang luas dan ruangan kerja yang lalu luas. Di setiap kantor/ instansi, penataan ruang kerja sangatlah diperlukan dan pasti selalu dilaksanakan untuk menujang kelangsungan aktivitas kerja yang lancar.
Dari pengalaman PRAKERIN selama 3 (tiga) bulan di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tasikmalaya, kami melihat adala satu ruangan kerja Kepala Seksi Dinas Kependudukan yang tidak menarik.Di mana hanya ada kursi, meja, komputer yang tak terpakai, dan lemari arsip.Di sanatidak terdapat aksesoris ruangan lainnya yang bertujuan untuk mempercantik suasana ruangan. Sehingga ruangan tersebut terkesan biasa saja.
Dari hal tersebut kami sebagai siswa yang pernah melaksanakan PRAKERIN di sana, ingin sekali merekomendasikan  desain minimalis ruangan untuk lebih mempercantik suasana agar lebih nyaman dilihatnya.
B.     RUMUSAN MASALAH
1.    Apa pengertian Desain Interior ?
2.    Apa saja pendapat para ahli tentang Desain ?
3.    Bagaimana tips mendesain ruang interior kantor dengan ukuran minimalis ?
C.    TUJUAN MASALAH
Tujuan dari masalah ini adalah agar kita mengetahui bagaiamana cara memperindah suatu ruangan berdasarkan porsinya yang sesuai. Ruangan yang nyaman dan penataannya yang baik akan berpengaruh terhadap kualitas pekerjaan.


BAB II
PEMBAHASAN
A.    PENGERTIAN DESAIN INTERIOR
Desain interior adalah ilmu yang mempelajari perancangan suatu karya seni yang ada di dalam suatu bangunan dan digunakan untuk  memecahkan masalah manusia.
Perancangan interior meliputi bidang arsitektur yang melingkupi bagian dalam suatu bangunan.Contoh : Perancangan interior tetap bergerak maupun decoratif yang bersifat sementara.
Misalkan pada pekerjaan desain dibagi menjadi 3 kelompok yaitu :
1.    Perancangan interior tetap-perancangan desain interior mulai dari merencana denah existing bangunan layout, floor plan, ceiling plan, potongan, aksonometri, detail, perspektif, market, animasi dan teknik presentasi lainnya.
2.    Perancangan interior bergerak (moveable)-perancangan desain interior yang bersifat mikro, misalkan pembuatandesain furniture, desain produk, desain landscape interior, handycraft, dan lain-lain.
3.    Perancangan decoratif-perancangan yang bersifat menghias, misalkan mendesain hiasan pesta pernikahan, mendesain pesta ulang tahun, dan lain-lain.
Namun untuk lingkup materi desain interior sangat banyak sehingga tidak dapat dikelompokkan secara khusus.Desain interior adalah ilmu yang melingkupi karya seni, arsitektur, dan proses. Pengerjaan interior dikerjakan dengan detail sesuai dengan permintaan klien.
Pengertian desain menurut para ahli :
1.    Finding the right physical components of a physical structure (Alexander, 1963).
Desain merupakan kegiatan pencarian komponen-komponen yang paling tepat dan sesuai dalam upaya membentuk suatu struktur fisik tertentu.

2.    A goal directed problem solving activity (Archer, 1965)
Merupakan suatu kegiatan pemecahan masalah dengan tujuan tertentu.
3.    Simulating whar we want to make (or do) before we make (or do) it as many time as may be necessary to feel confident in the final result (Booker, 1964).
Desain merupakan simulasi yang dilakukan berulang kali seperlunya dari apa yang akan dibuat atau dikerjakan sampai mendapat kepastian mengenai perkiraan hasil akhir pada penetapan nantinya.
4.    The conditioning factor for those parts of the product which come into contact with people (Farr, 1966).
Desain merupakan factor yang memberi kondisi pada bagian-bagian dari suatu produk yang akan berhubungan dengan manusia.
5.    Relating product with situation to give satisfaction (Gregory, 1966).
Desain adalah suatu bentuk usaha yang membbentuk hubungan antara suatu produk dengan situasi yang menimbulkan kepuasan pada pemakainya.
6.    The performing of a very complicated act of faith (Jones, 1966).
Desain merupakan suatu tindakan rumit yang didasarkan pada keyakinan.
7.    A creative activity it involves bringing into being something new and useful that has not existed previously (Reswick, 1965).
Desain merupakan suatu aktivitas yang kreatif, dan ini merupakan penyebab terjadinya suatu hal baru dan berguna yang sebelumnya belum pernah ada. 

B.   Tips Mendesain Ruang Interior Kantor dengan Ukuran Minimalis
Pada dasarnya kantor merupakan salah satu ruangan yang sangat berguna untuk dijadikan ruang kerja setiap orang. Pada umumnya kantor mempunyai berbagai fungsi terkait pekerjaan, seperti untuk menempatkan berkas, barang, surat, maupun hasil pekerjaan. Sebagai ruang kerja,  kantor juga mempunyai kontribusi penting dalam menentukan hasil sebuah kinerja dari seseorang. Hal tersebut dikarenakan bahwa jika ruangan kantor tersebut mempunyai tata ruang yang rapi, bagus dan nyaman, maka orang yang bekerja dalam kantor tersebut akan nyaman tanpa adanya berbagai macam gangguan seperti ketidaknyamanan. Oleh sebab itulah mengapa setiap ruangan kantor terutama dalam Interior kantor perlu didesain dan dibuat dengan baik dan membuat nyaman bagi orang yang menggunakannya. Namun demikian pada ruangan kantor yang minimalis, tentunya akan menambah ketidaknyamanan dan permasalahan terutama terkait dengan masalah interior kantor.
Pengaturan Warna
Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mendesain sebuah ruang interior kantor yang memiliki ukuran yang minimalis namun  didesain dengan baik dan nyaman. Salah satu tips tersebut ialah  dengan memadukan warna ruangan.  Sebaiknya, jika Anda ingin mendesain sebuah interior kantor, Anda  harus memadukan warna kesukaan Anda yang sekiranya membuat Anda semakin nyaman dalam bekerja. Mungkin warna cerah seperti warna biru muda dan warna hijau muda akan membuat pikiran Anda kembali fres dan membantu Anda untuk menemukan sebuah ide dan inspirasi dengan sebuah warna ruangan.

Pencahayaan
Selain dari warna, untuk mendesain ruang interior kantor dengan ukuran minimalis bisa Anda lakukan dengan membuat desain ruangan yang lebih cerah dengan mengatur pencahayaan baik dari lampu maupun dari pencahayaan dari sinar matahari.  Jika Anda lebih menyukai pencahayaan dari sinar matahari, maka Anda bisa membuat dan memperbanyak cendela, ventilasi  ataupun pintu yang tembus cahaya seperti yang terbuat dari kaca. Namun apabila Anda menghendaki ruangan yang ber AC, maka untuk pencahayaan dari sinar matahari Anda bisa lakukan dengan menggunakan cendela dari kaca.

Pilih Furnitur Minimalis yang Tidak Memakan Banyak Tempat
Untuk mendesain ruang interior kantor dengan ukuran yang minimalis selanjutnya ialah dengan memperhatikan aksesoris, perkakas, dan hiasan yang ada dalam ruangan tersebut. untuk perkakas ruang kerja seperti meja, kursi, laptop dan lemari yang Anda gunakan sebaiknya juga menggunakan barang-barang  dengan ukuran yang juga minimalis yang bisa menyesuaikan dengan ukuran ruangan Anda dan kebutuhan Anda. Selain itu perkakas tersebut juga ditata serapi dan sefisien mungkin dengan menyesuaikan besarnya ruangan kantor.
Memasang Aksesoris dan Hiasan Ruangan
Selanjutnya Anda bisa menambahkan akasesoris dan hiasan ruang kerja atau ruang kantor Anda yang memiliki ukuran yang minimalis. Hiasan yang disarankan ialah hiasan yang tidak banyak memakan tempat.Anda bisa menggunakan gambar atau poster yang bisa Anda tempelkan di dinding.Atau Anda bisa memasang hiasan kesukaan Anda lainnya yang sekiranya tidak memakan banyak tempat Anda.Namun apabila Anda lebih menyukai hiasan yang hidup seperti tanaman atau ikan dalam akuarium, maka sebaiknya Anda pasang tanaman atau akuarium dengan ukuran yang kecil dan memiliki kesan yang bagus dan menenangkan ketika Anda bekerja nantinya.

Konsep Ruangan Terbuka
Untuk menambah kesan ruangan yang lebih luas maka Anda bisa mendesain ruanginterior kantor Anda dengan konsep yang lebih terbuka. Pemilihan konsep ruang yang terbuka mungkin bisa menjadi bisa menjadi pilihan yang tepat dan ideal bagi Anda. Konsep ruangan kantor yang terbuka bisa Anda lakukan dengan menambah efek kaca, dimana kaca bisa Anda pasang di cendela yang menghadap ke luar ruangan kantor,  terlebih lagi jika di luar kantor Anda terdapat taman atau beberapa tanaman yang Anda di sana. Oleh sebab itu dengan ruangan kantor seperti ini mampu menghadirkan  situasi yang kondusif untuk bekerja.


BAB III
PENUTUP
Pada makalah ini kami simpulkan beberapa inti pokok dari pembahasan makalah :
1.    Menerapkan konsep seni budaya pada desain interior dapat meningkatkan nilai estetika dan semangat kinerja karyawan.
2.    Desain ruangan yang cocok yang sesuai dengan perkembangan zaman masa kini yaitu desain interior minimalis.
3.  Dengan desain interior minimalis bisa menciptakan ruangan yang nyaman, pemilihan furniture  yang minimalis, tapi terkesan mewah karena dilengkapi dengan aksesoris atau hiasan ruangan lainnya. Seperti hiasan bunga, akuarium kecil, dan tumbuhan hijau dalam pot yang dapat hidup di ruangan.














Contoh Desain Interior Minimalis
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar